Friday, October 19, 2012

Alat untuk membongkar mac dan laptop

Mau bongkar mac atau laptop sendiri ? Peralatan apa sih yang diperlukan untuk membongkar mac dan peralatan pertolongan pertama ? Artikel singkat ini menjelaskan peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk service sederhana mac kita.

Obeng set lengkap : tentunya ini peralatan utama yang harus disiapkan.

 Universal opening case tool : alat ini berguna untuk membuka casing mac baik bottom case, top case, bezel di backcase. Dengan alat ini kita tidak was-was casing mac kita akan tergores

 
Pick : hampir sama gunanya dengan universal opne

Plastic opening lever :

 
Spudger :
 
 
Pinset :

 

AVO meter : ampere volt ohm meter ini berguna untuk memeriksa apakah komponen-komponen penyusun board berfungsi baik apa tidak, memeriksa batere, kondisi kabel apakah masih putus atau tidak, dll.

Cairan IPA : cairan ini berguna untuk membersihkan board yang berkarat, jalur jalur berkarat dan untuk membersihkan bagian plat yang gosong. Cairan ini juga sering digunakan untuk ponsel untuk membersihkan board dan keypad.

Tempat baut/mur : karena baut-baut mac itu begitu banyak dan mempunyai ukuran berbeda-beda tentu akan membuat kita pusing, tempat ini sangat berguna.

 
Alas yang empuk : saat membongkar mac terutama mac portable sangat rentan tergores, jadi saat membongkar kita perlu alas yang empuk.

Buku Paduan Membongkar Mac : bagi yang pemula, buku paduan seperti dari ifixit.com itu sangat dibutuhkan sebab untuk kasus-kasus tertentu

1 comments:

LOVELYZ TRILOGY said...

butuh yang lainya?
visit me
https://www.bukalapak.com/p/elektronik/elektronik-lainnya/jp1ff8-jual-solder-uap-tangan-8032

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls